JADWAL SHALAT  Subuh 04:35 WIB | Dzuhur 11:47 WIB | Ashar 14:59 WIB | Maghrib 17:49 WIB | Isya 18:54 WIB
Header_harian_pelita

HARIAN PELITA

Pemkot Mataram Siapkan Edaran Toleransi Jelang Ramadhan

Senin, 1 Juli 2013  |

Mataram,Pelita

Menjelang tibanya bulan suci Ramdahan 1434 Hijriyah, Pemerintah Kota Mataram menyiapkan edaran sebagai upaya untuk meningkatkan toleransi sesama umat beragama, khususnya menghormati umat Islam yang akan melaksanakan ibadah puasa.

"Kami sedang menyiapkan draf edaran, dan segera kami edarkan tidak hanya kepada pemilik warung atau tempat hiburan saja, melainkan semua warga Kota Mataram agar dapat saling menghormati dan bertoleransi," kata Wakil Walikota Mataram H Mohan Roliskana di Mataram, Senin.

Dikatakannya, menyebarkan edaran kepada semua warga Kota Mataram menjelang Ramdahan sudah dilakukan rutin Pemerintah Kota Mataram setiap tahunnya, sebagai implementasi dari moto Kota Mataram yang Maju Religius dan Berbudaya.

"Setelah edaran kita berikan, pengawasan melalui Polisi Pamong Praja pun tetap kita lakukan, sehingga tercipta ke khususkan selama melaksanakan ibadah puasa dalam bulan suci," katanya.

Ia mengatakan, beberapa ponit yang disebutkan dalam edaran itu nanti meliputi, agar seluruh umat muslim dimohon dalam memanfaatkan pengeras suara saat menjalankan kegiatan ibadahnya agar tetap mempertimbangkan waktu, situasi serta kondisi masyarakat umum sekitarnya dengan tidak berlebihan.

Selain itu kepada para pengelola dan penanggung jawab hotel, losmen, restoran, diskotik, karaoke, cafe dan tempat hiburan lainnya yang melaksanakan hiburan seperti pertunjukkan Live Music dan sejenisnya, baik di tempat tertutup maupun terbuka, diminta untuk tidak melaksanakan kegiatannya selama Bulan Suci Ramadhan.

Seluruh masyarakat pun, dilarang keras memperjualbelikan dan atau membunyikan petasan/ mercon dan sejenisnya selama Ramdhan. Khusus untuk para pemilik dan penanggung jawab rumah makan siap saji, restoran, cafe,rumah makan, warung, lesehan dan sejenisnya diminta untuk menutup sementara waktu kegiatannya terutama pada pagi dan siang hari (termasuk di dalam lingkungan mall) dan Pembeli bisa dilayani menjelang buka puasa hingga waktu imsyak tiba (Pukul 16.30 - 04.00 Wita).

"Bila tempat tersebut berada di dalam perkampungan/perumahan pada lingkungan komunitas non-muslim, mohon menyesuaikan dengan menutup tempat berjualan setengahnya. Kecuali jika tempat tersebut terletak di jalan Protokol/ Provinsi/ Kota harus menutupnya sampai waktu yang telah ditentukan," katanya.

Bagi para penjual dan pecandu minuman keras tetap dilarang untuk memperjualbelikan, meminum/ menegak minuman keras secara terbuka. Kepada para Camat dan Lurah dalam melaksanakan kegiatan pengawasan maupun penertiban di lapangan, agar tetap berkoordinasi dengan melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Jajaran Kepolisian serta aparat keamanan setempat.

Hal yang terpenting, bila ada gangguan terkait pelaksanaan tersebut, masyarakat dapat menghubungi aparat kewilayahan setempat (Camat/ Lurah) atau Satpol PP Kota Mataram.rud

Dibaca 36 kali

Tinggalkan komentar....