JADWAL SHALAT  Subuh 04:35 WIB | Dzuhur 11:47 WIB | Ashar 14:59 WIB | Maghrib 17:49 WIB | Isya 18:54 WIB
Header_harian_pelita

HARIAN PELITA

Hasil UN SD Sebagai Alat Seleksi Masuk SMP Negeri di Jakarta

Minggu, 5 Mei 2013  |

153.652 Siswa SD/MI dan SDLB Ikuti UN Mulai Hari Ini

Jakarta, Pelita

Hasil Ujian Nasional (UN) SD di Jakarta sebagai alat seleksi  masuk ke SMP Negeri di Jakarta. Karena itu, diharapkan para siswa bisa mengikuti dengan baik. Selain itu, agar ujian nasional SD berlangsung, aman, lancar dan tertib. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta saat peluncuran naskah soal UN SD di Jakarta, Sabtu (4/5).

Menurutnya, UN SD, MI dan SDLB bertujuan mengukur dan menilai pencapaian kompetensi lulusan SD, MI dan SDLB secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi. UN program paket A/Ula bertujuan mengukur dan menilai pencapaian kompetensi peserta didik program paket A yang dilakukan oleh pemerintah secara nasional.

Taufik Yudi mengatakan, hasil UN digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk pemetaan mutu program dan/atau satuan pendidikan; dasar seleksi masuk ke jenjang pendidikan berikutnya; penentu kelulusan peserta didik dari suatu satuan pendidikan; dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upaya meningkatkan dan memeratakan mutu pendidikan.

Ketua Panitia Ujian Nasional (UN) Provinsi DKI Jakarta Agus Suradika yang didampingi Sekretaris UN Budi Sulistiyono mengatakan jumlah sekolah penyelenggaran UN SD, MI dan SDLB sebanyak 3.514 sekolah serta paket A/Ula sebanyak 196 PKBM, terdiri dari SD 3.037 sekolah, MI 453 sekolah, SDLB 24 sekolah dan Paket A/Ula 196 PKBM. Jumlah peserta UN SD, MI dan SDLB sebanyak 153.652 orang dan paket A/Ula sebanyak 1.074 orang. Sedangkan  naskah soal dan Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) satu paket, berbeda dengan SMP dan SMA.

Budi Sulistiyono menambahkan, jadwal UN Utama SD/MI dan SDLB mulai Senin (6 Mei 2013) dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Selasa (7 Mei 2013) mata pelajaran Matematika, Rabu (8 Mei 2013) Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Ujian Nasional (UN) Susulan pada Senin (13 Mei 2013) mata pelajaran Bahasa Indonesia. Selasa (14 Mei 2013) mata pelajaran matematika. Rabu (15 Mei 2013) mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Pengumuman kelulusan UN tanggal 8 Juni untuk SD, MI, SDLB dan paket A/Ula.

Kriteria kelulusan ujian nasional, yakni menyelesaikan seluruh program pembelajaran; memperoleh nilai minimal, baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran yang terdiri atas 1) kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia;2. Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian; 3) kelompok mata pelajaran estetika, dan 4. Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan, lulus ujian sekolah/madrasah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi dan lulus ujian nasional (UN).

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Didi Sugandhi menegaskan naskah soal Ujian Nasional (UN) SD di Jakarta dijamin tidak kurang dan tidak bermasalah, baik kualitas maupun kwantitas. “Kita berharap juga, agar dalam pelaksanaan UN berjalan lancer, tanpa hambatan apapun dan hasil ujian maksimal.,” ujar Didi Sugandhi.

Sementara itu, Mulyani dari PT Pura Baru Tama mengatakan bahan naskah soal dan lembaran jawaban ketebalan kertasnya 70 gram, sehingga dijamin tidak tipis. “Naskah soal sudah lengkap dan didistribusikan ke 52 rayon yang ada di Jakarta,” ujarnya di sela-sela peluncuran naskah soal. (kim)

Dibaca 382 kali

Tinggalkan komentar....