JADWAL SHALAT  Subuh 04:35 WIB | Dzuhur 11:47 WIB | Ashar 14:59 WIB | Maghrib 17:49 WIB | Isya 18:54 WIB
Header_harian_pelita

HARIAN PELITA

Dirut PT Sang Hyang Seri Jadi Tersangka Korupsi

Jumat, 8 Februari 2013  |

Jakarta, Pelita

Kejaksaan Agung menetapkan Dirut PT Sang Hyang Seri (SHS) K dan dua anak buahnya yaitu SH karyawan, dan H manajer kantor cabang SHS Tegal sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan benih di Kementerian Pertanian (Kementan) priode 2008-2012.

Kapuspenkum Kejagung Setia Untung Arimuladi kepada wartawan di Jakarta, Jumat (8/2) menyebutkan ketiganya ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan surat perintah penyidikan (sprintdik) No 16, 17 dan 18/F.2/Fd.1/02/2013 tertanggal 8 Februari 2013.

Sebelum menetapkan ketiganya sebagai tersangka tim penyidik diketuai Koordinator Aditia Warman telah lebih dahulu meningkatkan penanganan kasus tersebut dari tahap penyelidikan ke penyidikam. “Karena penyidik menemukan bukti permulaan yang cukup adanya korupsi dalam kasus pengadaan bibit tersebut,” kata Untung.

Antara lain, tutur dia, adanya rekayasa proses pelelangan/tender memenangkan PT Sang Hyang Seri (Persero). Kemudian biaya pengelolaan cadangan benih nasional sebesar lima persen dari nilai kontrak tidak pernah disalurkan kepada Kantor Regional di Daerah.

Selain itu adanya rekayasa penentuan harga komoditi sehingga terjadi kemahalan harga. Serta pengadaan benih untuk program cadangan benih nasional fiktif atau setidaknya tidak sesuai.

Bukti lain yaitu dalam pengadaan benih kedelai fiktif, mark up volume maupun harga benih  kedelai serta penyaluran subsidi benih tidak sesuai peruntukan melainkan ke perorangan dan ke kios-kios.

Disebutkan Untung bahwa untuk kelanjutan penyidikan kasus tersebut tim penyidik beranggotakan sembilan orang akan menjadwalkan pemanggilan terhadap saksi-saksi maupun ahli. (did)

Dibaca 848 kali

Tinggalkan komentar....